B.Tentang Hukum Lintas Negara :Pencatatan (Pelaporan)Pernikahan di Jerman ke Catatan Sipil Indonesia

Posted on Mei 5, 2012

7


B.Tentang Hukum Lintas Negara :Pencatatan (Pelaporan)Pernikahan di Jerman ke Catatan Sipil Indonesia

Kita memutuskan untuk mendaftarkan pernikahan kita di catatan sipil Surabaya, Indonesia. Alasannya simple sih karena kita berusaha mengikuti peraturan di dua negara yaitu Indonesia dan Jerman. Kita beranggapan kalau emang sudah ada hukum yang ditetapkan seperti itu ya kami pikir itu sudah yang terbaik dan aturan hukum dari tahun ketahun yang bisa berubah bisa mempersulit kita kalau kita tidak menaatinya. Ya daripada kita yang repot nantinya, say, 20 tahun mendatang, ya lebih baik kita ikuti aturan yang berlaku. That’s the art of being in a mixed marriage! Pak. Bu, Kami pasangan menikah beda negara mau datang melapor! So jadilah kita mengurus semua dan terbang ke Indonesia pada tanggal 17 Maret 2012. Perlu diketahui kita menikah secara negara di Jerman pada bulan Agustus 2011, so kurang dari setahun kita sudah mendaftarkan pernikahan kita di catatan sipil Surabaya. Saya pernah membaca, tapi saya lupa tepatnya dimana, pernikahan antar negara harus dilaporkan di catatan sipil sebelum setahun usia pernikahan. Jika orang bilang kita pasti di palakin alias diporotin alias dimintain duit banyak, jawabannya TIDAK. Kami tidak bayar apapun karena mungkin kami tidak telat mendaftarkan pernikahan kita. OK deh ini dia prosedurnya:

Nanti Anda akan dapat sebuah formulir yang berisi tentang data2 suami dan istri.
Syarat-syarat:
ISTRI
1.FC (Fotocopy) KTP yang masih berlaku (Kalau masanya sudah habis ya diperpanjang dulu)
2.FC KK (Kartu Keluarga) tentu saja pada saat Anda mendaftar status Anda di KK masih belum menikah. Note : KK Indonesia ya! di Jerman sejauh pengetahuan saya, tidak ada KK.
3.FC Akta lahir, bukan akta kenal lahir lho ya.
4.FC Passpor semua halaman yang ada isinya tentunya
5.Terjemahan Akta Nikah di Jerman
NOTE :
Surat pelaporan telah menikah dari Konsulat atau kedutaan tetap dilampirkan, so menurut saya rada gak berguna, karena proses terjemahan tetap tidak bisa di skip, at least di wilayah Surabaya seperti itu. Untuk penerjemah bisa diterjemahkan di WEBB LUGAS jalan Sumatera. (Saya lupa nomernya.)
Karena kami punya yang Akta Nikah International jadi ada bahasa Inggrisnya, so terjemahan tidak memakan waktu lama, cuma 2 hari dengan biaya IDR 50,000 per halaman.
Menurut kami : Jika kami punya Akta Nikah International tidak perlu terjemahan.
Menurut Catatan Sipil: Semua Akta Nikah dan Akta Lahir harus diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

SUAMI
1.FC ID card
2.FC Akta lahir dan terjemahannya (dalam Bahasa Indonesia)
3.FC Passpor semua halaman yang ada isinya tentunya

Catatan sipil sempat menanyakan keabsahan informasi yang tertera dalam Akta lahir suami, seperti darimana asal info tersebut. Karena petugas catatan sipil menanyakan tentan Familienbuch yang kalau di wilayah Dortmund tidak ada. Catatan Sipil mungkin tidak tahu kalu setiap federal state di Jerman berbeda2 aturan, sehingga menanyakan Familienbuch yang pada berkas2 terdahulu (para pelapor sebelum saya) ada yang melampirkan Familienbuch. Sempat mereka bertanya tentang Akta Lahir orang tua suami. Nah, kami bingung dan menjelaskan bahwa di Jerman berbeda-beda tidak seperti di Indonesia (yang kayaknya bisa beda2 juga ya, hehe contohnya seperti pelaporan ini). Anyway saya dan suami berdiskusi, kenapa mereka harus tanya Akta Orang tua, kalau nanti kami tanya balik kami akan tanya ‘Darimana asal informasi di akta lahir orang tua? masak kami harus minta akta lahir nenek kakeknya suami?’ Tapi itu hanya diskusi kami saja pada saat mereka sedang mengkoreksi dokuments kami. Akhirnya mereka meng-OK kan semua. Dokumen lengkap dan dokumen bisa diambil 7 hari kerja. TANPA BIAYA!

Pada saat menyerahkan dokumen, jangan lupa bawa semua dokumen asli, mereka hanya ingin mencocokkan saja. Setelah semua di OK kan, Anda akan dapat ‘Tanda Pengambilan Surat Pelaporan Peristiwa Luar Negeri’ dan memang ada tullisannya GRATIS!! asli gak bayar blas.
free counters

Iklan