Tentang Melahirkan di Jerman 1: Mutterpass dan Untersuchungen

Posted on Mei 10, 2012

0


Saya tidak tau pasti apaakah informasi yang saya berikan ini sama dengan yang lain. Kalau ada yang punya pendapat lain atau menambahkan, monggo! silahkan!. Semua arsip yang saya tulis ini semata2 demi kepentingan saya sendiri, tapi kalau ada yang membutuhkan semoga bisa membantu ya.

Segera setalah tahu Anda hamil, segeralah mencari Frauenärtztin atau Gynaecologist. Sepertinya sama dimana-mana ya,pada saat dihadapkan pada situasi untuk memilih dokter, biasanya cocok2an, atau ‘jodoh’2an, Kalau cocok ya bagus, kalau nggak ya apes. Anyhow, cari Frauenartztin di Jerman kadang susah2 gampang, menurut suami saya :

Lebih  baik semua pake ‘Termin’ alias appointment atau janjian dulu.

Kata beberapa teman :

Bisa langsung datang aja, dan tunggu!

Menurut saya sih setuju sama suami ya : Kalau bikin Termin dulu, lebih enak, sudah dikasih tanggalnya, sudah dikasih jamnya juga. Tinggal datang dan paling juga nunggu 20 menitan lah. Kalau tanpa ‘Termin’ hmm ya nunggu bisa sampe 2 jam-an. Ini sebenernya pengalaman saya juga. Sebenarnya sudah ada janji, tapi saya lupa datang pada jam-nya. Ya sudah, terpaksa nunggu lama.

Setelah dapet Frauenartztin, dan udah dapat Termin.

Awal pertama datang…

  • Kita akan mengisi formulir, ya data2 gitu lah. Terus akan diminta kartu asuransi kita. Sepanjang pengetahuan saya, Jerman adalah negara yang ‘gila’ asuransi. Artinya semua sepertinya serba diasuransikan. Kapan ya Indonesia seperti ini? hehe. Siapkan juga uang 10 Euro. Lho kok bayar? Ya, 10 Euro ini untuk 3 kuartal jadi 10 Euro bayar untuk setiap 3 kuartal. Misal datang January, ya January-Maret beberapa kali datangpun tetep 10 Euro yang di bayar di awal tadi. April -Juni bayar lagi 10 Euro. Juli-Oktober bayar lagi 10 Euro.
  • Kita bakal dapat Muttterpass- kalau diterjemahkan secara literally atau secara kata perkata, artinya adalah Passport Ibu. Mutterpass ini berisi semua informasi tentang masa kehamilan kita : Berat bedan, Hb, hasil USG, dan semacamnya lah. Buku ini bisa dipakai sampai dua kali kehamilan. Pada saat Termin, buku ini WAJIB DIBAWA.

Sudah deh! Bisa pulang dan menanti Termin berikutnya!

Ngapain nih di Frauenarzt?

Setiap kali datang akan ada:

  • Pengambilan blood sample, jadi selalu ada pemantauan tentang Hb Anda, dan lain2.
  • Berat Badan selalu ditimbang.
  • Tekanan darah atau Blutdruck selalu di cek.
  • Urine selalu di test, so harus selalu kasih sample Urine. Minum yang banyak biar bisa pipis sesampai di klinik, hehe.
  • Cek USG
  • Semua Informasi akan ditulis di Mutterpass

Semisal Anda ‘masalah’ dengan kandungan, dan harus di cek di dokter yang ahli dibidangnya. Frauenarztin akan memberikan Überweischung, semacam surat tebusan. So Anda gak harus bayar ke dokter yang dirujuk, cukup tunjukan Überweischung ini aja.

Proses selanjutnya pencarian Hebamme, dan Geburtsvorbereitungkurs atau kursus persiapan kelahiran.

free counters

Iklan