Tentang Pendidikan: B1 Deutschkurs dan Integrationkurs (Februari 2012)

Posted on Juni 27, 2012

7


Maaf ya telat up-date! whuuuh padahal ini seharusnya udah lama saya buat arsip. Harusnya udah Februari lalu. So, saya minta maaf kalau ada info yang kurang jelas ya.

Pasti udah pada tahu ya kalau yang menikah dengan WN Jerman dan dalam pengurusan dokument pasti ada syarat untuk lulus A1 dulu. Nah kemudian baru tahap lanjut mengambil B1 di Jerman. B1 adalah syarat untuk bisa mendapatkan ijin tinggal di Jerman.Aturan ini berlaku sejak tahun 2007.

Kapan ambil B1?

Seingat saya, B1 diambil sesudah Anda menikah, agar Anda mendapat ijin tinggal. Nah setelah menikah, Anda perlu ke Ausländerbehorde atau kantor Imigrasi Jerman di lokasi Anda tinggal untuk mendapatkan ijin tinggal. Disana, Anda akan mengurus eAT atau Kartu elektronik, ini semacam KTP Anda di Jerman. Di eAT akan tertera berapa lama Anda mendapat ijin tinggal, biasanya sih bisa dapat 1 tahun, 2 tahun, atau 3 tahun langsung. Maksudnya, seandainya Anda dapat 1 tahun, ya Anda harus perpanjangan ijin tinggal lagi untuk 2 tahun mendatang. Di Jerman, orang bisa mendapat ijin tinggal tetap setelah 3 tahun, itu sejauh yang saya tahu dari teman2. Bersamaan dengan jadinya eAT ini, Anda juga akan diberi surat untuk mengambil kursus B1 dan Integrationkurs (belajar tentang dasar politik Jerman, dan budayanya).Sebagai catatan: Anda diberi waktu 2 tahun untuk mengambil kursus ini semenjak Anda mendapat surat ini. Maksudnya, jika Anda menunda beberapa bulan dulu juga tidak apa2. Dalam kurun waktu 2 tahun, Anda harus mengambil B1 ini,mungkin ini juga mengantisipasi jika Anda tidak lulus nantinya di test B1.

Dimana ambil kursusnya?

Pada umumnya, para imigrant bisa mengambil kursus di VHS. Tapi di kursus2bahasa lain yang juga menawarkan Integrationkurs bisa menjadi pilihan. Saya pribadi, mengambil kursus di InLingua.

Proses Pendaftaran?

Saya kurang paham kalau di VHS,  tapi mungkin sama ya. Ketika, Anda telah memutuskan kursus mana yang Anda tuju, bawa serta surat dari Ausländerbehorde yang menyatakan Anda wajib mengambil kursus. Anda bisa meminta level A1, jika Anda merasa lupa pelajaran A1 misalnya, atau bisa minta placement test. Saya meminta placement test, dan alhamdullilah saya langsung di A2.3. Setiap level ditempuh dalam waktu 2 bulan kalau tidak salah, karena hasil placement test saya bagus, dan alhamdullilah saya lulus dengan hasil sangat memuaskan, lucky bener saya. Total,  saya hanya kursus sekitar 2,5 bulan saja termasuk integrationkursnya. Normalnya sih sekitar 6 bulan ambil kursusnya. Nanti coba saya jelaskan Integrationkursnya.

Pembayaran?

Karena kursus ini program wajib bagi imigrant, ya otomatis, setengahnya dibayar oleh pemerintah. Kalau tidak salah, pemerintah bayar 100 Euro perlevelnya, dan kita tinggal bayar setengahnya lagi yaitu 100 Euro. Ini biaya untuk B1. Untuk Integrationkurs biayanya 45 Euro dari kita sendiri.

Integrationkurs

Integrationkurs ini berlangsung selama 10 kali pertemuan. Jam pertemuan dari jam 8 sampa jam 12:30 PM kalau tidak salah. Dengan Pause 45 menit. DItempat kursus saya, dikarenakan berdekatan dengan libur tahun baru, so,Integrationkursnya dipisah dari B1. Kalau menurut teman2 yang lain, sehabis level B1 selesai (semua Lektions sudah dibahas), ya langsung Integrationkurs, baru test gabungan: B1 dan Integrationkurs. Kalau di kasus saya, saya test B1 dulu, terus baru liburan, and masuk lagi buat Integrationkurs dan test.

Okay deh kayaknya segitu dulu ya Info tentang kursus ini. Kalau masalah testnya gimana? You will experience it yourself! I can only give you tips not to skip classes too often either in B1 class or in integrationkurs.

Lulu

Iklan