Tentang Melahirkan di Jerman : Geburtsvorbereitungkurs Tag 4/5

Posted on Juli 13, 2012

0


image

Hari ke 4 hmm apa ke 5 ya? soalnya waktu ttd alias tanda tangan daftar hadir, kok tinggal 3 Treffen lagi? Ah anyway, Hari ke 4/5 ini lumayan ‘menegangkan’ sekaligus merilekskan. ‘Menegangkan’ karena pada pertemuan ini yang dibahas adalah seputar kelahiran dan prosesnya: bagaimana bayi keluar dari Muttermund (mulut rahim), PDA atau Epidural.

So ini bahasan topiknya:

1.PDA or Epidural

2.Kreisaal

3. Apa yang harus dilakukan agar pada saatnya tiba, si ibu bisa santai apalagi pas suami atau nggak ada orang lain dirumah, alias si ibu sendirian.

4. Posisi ibu agar gravitasi bumi menarik posisi bayi pada posisi lahir sehingga diharapkan jalan lahirnya cepet.

Nah bagian yang merilekskan adalah bagian SENAM dan PIJET2an

4. Pake bola besar si istri dipijet2 ama suami: enaaak bgt, tapi geli!  hehe.

5. Membangun ikatan batin antara suami, istri, dan bayi. Atau bisa dibaca orang tua dan calon bayi dengan cara si istri duduk di bola besar dan si suami memeluk istri sambil meletakkan tanganya di perut istri. Ohhhh, seneng banget! soalnya si dedek gerak2 jadi suami bisa merasakan keajaiban itu. Si Dedek bisa tau kayaknya kalu itu tangan Papa, soalnya suhunya lebih hangat.

6. Gantian deh, istri pijetin suami bukti kasih sayang satu sama lain, hehe.

Kita juga dikasih hadiah (foto diatas): Wickelauflage, Baby Shampoo dari Penaten, Hygiene Product buat si Mutter, Waschlapen, dan dua buku tentang ibu dan bayi. Yaah lumayan lah buat nambah2 barang2 buat keperluan si dedek nanti.

Kursusnya semakin hari semakin susah Jermanya  hehe, tapi untung sih sebelum kursus saya menebak2 kira2 topik apa berikutnya, so saya google sana sini dan baca banyak artikel, jadi gak terlalu bingung waktu di kursus. Ya meskipun bisa langsung tanya suami sih, tapi kan males tanya terus! at least for me!

Okay deh, sampai jumpa pada pertemuan berikut! Tschuß!!

Lulu

Iklan