Tentang Melahirkan di Jerman: Geburtsplannung (Persiapan melahirkan) – Rumah Sakit Besar

Posted on Juli 16, 2012

0


Alhamdullilah, hari ini kita ke Rumah sakit besar untuk persiapan kelahiran (Pada saat blog ditulis usia kandungan saya 35 minggu 6 hari) Ya Tuhan semoga semua lancar, cepat, dan tidak menyusahkan.

Saya sebenarnya kurang tahu juga kapan kita harus ke RS besar dimana saya akan melahirkan nanti. Ini sih sebenarnya gara2 Gynäkolog saya sedang ‘Urlaub’ atau liburan, so Ultraschal atau USG yang harus dilakukan 1 X seminggu karena usia kandungan udah besar dirujuk ke RS besar. Tentu saja karena dirujuk ya saya punya ‘Überweischung’ artinya saya kesana gak bayar. Baik ya Jerman! hehe

Kami memilih St. Johannes-Hospital, Dortmund sebagai tempat dimana saya akan melahirkan nanti. Hari ini, kami kesana untuk ultraschall dan alhamdullilah semua baik2 saja. Semoga terus begitu sampai si baby lahir, apalagi waktu baby lahir, pas bulan Ramadan, subhanallah!.

Nah,  hari ini sih bukan ultraschall aja, tapi secara teori juga ‘Anmelden’ alias registrasi untuk Entbindungtermin saya nanti. Pada saat proses registrasi, saya di ‘interview’ sama si Hebamme di RS: isi data begitu. Kemudian kita dikasih beberapa formulir yang salah satunya adalah Nabelschnurblut-für mehr als nur ein Leben. Nanti saya blog khusus tentang ini ya. Selain itu kita juga dikasih formulir PDA atau Epidural, dan fasilitas2 yang kita dapat jika saya melahirkan di RS. St.Johannes-Hospital nanti ( beberapa sudah tercover sama krankenversicherung alias asuransi). Untuk keterangan lebih lanjut, saya blog terpisah ya.

Tschüß

Lulu

Iklan