Surat Cinta dari Pemerintah Jerman

Posted on September 21, 2017

5



gs

PHOTO CREDIT : Grundschule

NOTES : Pendidikan adalah wewenang pribadi tiap federal states atau negara bagian, so artinya tiap negara bagian punya aturannya sendiri mengenai pendidikan! Yang saya tulis adalah wilayah Dortmund NRW

 

Halli Hallo! Guten Morgen, selamat pagi! Sekali lagi ini adalah website buat siapa aja yang membutuhkan info berkenaan dengan Jerman! Semoga membantu ya!

Hari ini ada beberapa hal yang saya mau update di website Antara Indonesia Jerman, yep ada yang baru dan masih segar alias fresh from the oven. Sebelum saya lupa dan saya nggak ingat lagi gimana, so langsung ya!

Bagi kalian yang mau ke Jerman, atau tertarik dengan Jerman, atau juga para ortu yang bertanya2 gimana sih sistem TK di Jerman, saya undang buat  baca beberapa link postingan saya dibawah ini. Nah kalau sudah, dan anak kalian akhirnya memasuki tahun terakhir TK ( dimana tahun terakhir TK, kalian gak bakal bayar sepeser Euro pun! free free, dalam arti sebenarnya!)

Beberap tahun yang lalu saya berkutat dengan pertanyaan2 berikut seputar SD di Jerman:

  1. Kapan anak kami masuk SD
  2. Bagaimana saya bisa tahu seluruh SD dan mana yang harus kami pilih buat anak kami.
  3. Apa saya yang harus dilakukan sebelum daftar
  4. Proses awal daftar bagaimana, apa sama dengan di Indonesia

Nah kira-kira begitulah pertanyaan2 yang ada dikepala saya beberapa tahun yang lalu. Tentu saja, saya juga ngobrol2 sama beberapa teman yang sudah berada di situasi ini, tapi beberapa bilang lupa, dan kalaupun ada yang menerangkan saya masih sedikit  bingung. Aah ternyata, alhamdulillah kemarin kami akhirnya berada dalam posisi ini, dan saya pribadi ingin bisa membantu siapa saja diluar sana yang membutuhkan informasi ini.

  1. Kapan anak masuk SD di Jerman?

Anak masuk SD di Jerman ketika anak berusia 6 tahun, dimana ajaran baru disini adalah September. Jadi misal anak kalian bulan November baru 6 tahun, ya berarti baru tahun depannya lagi masuk SD ketika hampir 7 thn. Jadi tergantung bulan lahir juga. Nah kalau anak kalian udah masul kategori sampe September tiap tahunnya, udah 6 tahun, nanti pada tahun terakhir TK, kalian sebagai ortu akan dapat surat, yang kalau saya bilang ‘SURAT CINTA’ dari pemerintah Jerman, atau lebih tepatnya Der Oberbürgermesiter (mungkin semacam gubernur ya). Surat ini judulnya ‘ Ihre Fragen zur Einschulung beantworten die Grundschulen.’ Arti singkatnya adalah pendaftaran SD dan pertanyaan seputar hal yang bersangkutan.

2.Bagaimana saya bisa tahu seluruh SD dan mana yang harus kami pilih buat anak kami?

Dalam ‘SURAT CINTA’ itu tercakup beberapa pertanyaan seputar SD seperti :

a. kapan anak kalian harus daftar SD ( mereka memberikan fixed datenya lho, jadi dalam rentang waktu November tanggal sekian sampe sekian, harus daftar di SATU SD) Kalian tinggal catat aja di family planner calender gitu, supaya gak lupa.

b.Sekolah mana yang anak kami bisa daftar. Nah ini juga menjawab pertanyaan nomer dia diatas: Mereka juga melampirkan daftar seluruh SD di kota kami tinggal, dan di kategorikan berdasarkan BEZIRK atau distrik atau area. Mungkin sedikit mirip dengan ‘rayon’ kali ya kalau di Indonesia. COntohnya gini, mereka akan membagi menjadi  beberapa kolom misal ‘Innenstadt Nord’ ( pusat kota bagian Utara), Innenstadt-West (pusat kota bagian barat), dll. Ada nomer telpnya, contact personsnya, dan juga alamat2 SDnya, jadi gampang kalu mau menghubungi, gak usah browsing internet. Memilih SD juga terserah kalian yang mana di distrik mana, tapi biasanya sih akan disarankan yang deket dari rumah, karena biar gak suka  nelat. Tau sendiri kan definisi ON TIME orang Jerman itu IN TIME lho! artinya gini : kalu janjian jam 10, datang bukan jam 10an lebih 10 atau 5 dan sterusnya ( yang namanya udah nelat!!), tapi kalau janjian jam 10 ya setidaknya orang Jerman datang jam 9:45, atau 9:50! Catet ya sodara2, kalau ke Jerman, jangan sampe nelat kalu janjian!!

3. Apa saya yang harus dilakukan sebelum daftar

Sekarang tinggal cari2 informasi tentang SD yang kalian pilih, terus telp SD tersebut buat  bikin janji daftar. Ini kami belum sampe, entar saya update lagi ya! Oh ya, di Jerman, sebelum anak masuk SD, bakalan ada namanya general check up atau mungkin lebih tepatnya total health check up. Nah kapan ini ? kita harus tunggu lagi surat dari departement kesehatan! nah lho surat cinta lagi kan, emang nih pemerintah Jerman suka banget kirim2 surat cinta ke warganya, warganya mah tinggal duduk manis ikutin prosedur! jangan males aja!!

4. Proses awal daftar bagaimana, apa sama dengan di Indonesia

Kalu sudah dapat termin atau tanggal janjian, ya bawa akta lahir anak beserta anaknya ke SD yang dituju. Untuk sementara itu aja, nantin insha allah pada saatnya saya update bagian ini ya!

5. Jenis SD di Jerman

Di lampiran daftar SD di Surat Cinta ‘Einschulung’ yang kalian dapat, juga disebutkan jenis SDnya, misal: Grundschule biasa (GS), ev.GS (Evangelische Grundschule). kath.GS (Katolische Grundschule), OGS (Offene Ganztagsgrundschule), GT (Ganztagschule). Untuk perbedaannya mungkin saya bahas nanti di post blog yang berbeda, kalau saya ada cukup waktu ya!

Nh itu dulu aja Bagian pertama seputar SD di Jerman ya, insha allah setelah saya melalui tahap daftar, saya akan update!

Semoga membantu, dan salam dari Jerman

Tschüß!